TRANSLATOR

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

Jumat, 29 Oktober 2010

Plagiat Terngetop yang Pernah Ada

Siapa bilang Artis indonesia aja yang Pernah Jadi Plagiat.. Artis Ngetop Kelas Dunia juga pernah terjerumus dalam hal Plagiat2 ini. Langsung aja Lihat listnya nih gan..


1. Michael Bolton - Love is a Wonderful Thing
Jika Anda mau menjiplak lagu, setidaknya Anda harus ganti judulnya. Michael Bolton harus membayar US $ 5.4 juta saat lagu tahun 1991, Love is a Wonderful Thing dianggap menjiplak lagu tahun 1966 dengan judul yang sama oleh The Isley Brothers. D'oh! Inilah denda plagiarisme terbesar sepanjang sejarah.

Spoiler for PlagiatNgetop:


2. Coldplay - Viva La Vida
Siapa yang sebenarnya menciptakan lagu Coldplay, Viva la Vida? Apakah itu Chris Martin atau gitaris jenius Joe Satriani yang mengklim di tahun 2008, bahwa lagu tersebut mengandung bagian substansial lagu tahun 2004-nya, If I Could Fly? Atau sebenarnya adalah Cat Stevens yang berkata pada jurnalis: "Jika Anda mendengarnya, itu punya saya, pasti! Itu lagu Foreigner Suite!" Atau adalah milik Creaky Boards yang merasa lagu itu mirip dengan lagu The Songs I Didn't Write. Hanya kasus pertama yang masuk pengadilan dan diselesaikan secara musyawarah antara Coldplay dan Joe Satriani. Bagaimana menurut Anda?
Spoiler for PlagiatNgetop:


3.Nirvana - Come As You Are
Nirvana dianggap salah satu band paling original dan berpengaruh di tahun 1990. Tapi menurut legenda dark punk, Killing Joke, lagu Come as You Are dijiplak dari lagu mereka, Eighties. Tidak ada tuntutan pengadilan dan masalah ini berakhir setelah Kurt Cobain tewas. Tapi gitaris band bercerita pada Rolling Stone, "Yang lucu adalah bahwa Nirvana bilang tidak pernah mendengar tentang kami di saat mereka telah mengirim kartu natal." Masalah ini dianggap usai saat anggota Nirvana, Dave Grohl bermain dalam album Joke tahun 2003.
Spoiler for PlagiatNgetop:



4.Madonna - Frozen
Bisa menjiplak lagu dari negeri orang? Madonna bisa, dengan lagu hit tahun 1998, Frozen. Seorang penulis lagu Belgia bernama Salvatore Acquaviva mengklaim ia telah lebih dulu menciptakan lagu awal 80-an, Ma Vie Fout le camp. Dan meski gagal mendapat royalti atau kredit, hakim mengakui adanya pelanggaran hak cipta dan meminta lagu Madonna ditarik dari peredaran dan dilarang diputar di radio di seluruh Belgia.
Spoiler for PlagiatNgetop:



5.Britney Spears - What U See (Is What U Get) dan Can't Make You Love Me
Dianggap menjiplak satu lagi, mungkin sedang sial. Tapi kalau dua? Britney Spears dan produsernya dipertanyakan saat penulis lagu Michael Cottrill dan Lawrence Wnukowski menyadari lagu What U See (Is What U Get) dan Can't Make You Love Me, dari album keduanya Oops!...I Did It Again sangat mirip dengan lagu What You See Is What You Get yang pernah mereka kirim pada sang bintang dengan harapan akan direkam. Kasus ini ditolak pengadilan karena tak ada bukti penulis lagu Britney pernah mendengar lagu tersebut sebelumnya.
Spoiler for PlagiatNgetop:


6. Robbie Williams - Jesus in a Camper Van
Lagu Robbie Williams, Jesus in a Camper Van, yang ada dalam album keduanya, I've Been Expecting You, mengandung lirik yang dijiplak persis dari lagu Loudon Wainwright III, I Am the Way, yang ditulis 25 tahun sebelumnya. Ternyata perusahaan rekaman Robbie sudah pernah minta izin untuk menggunakan lirik lagu tersebut tapi ditolak, dan tetap memakainya. Pengadilan meminta 25% royalti diberikan pada penggugat tapi EMI mengedarkan album tersebut kembali tanpa lagu yang dipermasalahkan ini.
Spoiler for PlagiatNgetop:


Sumber